Data & Informasi

Pengembangan UMKM One Village One Product (OVOP)

One Village One Product (OVOP) merupakan suatu pendekatan pengembangan potensi daerah di suatu wilayah untuk menghasilkan produk bernilai global, mampu bersaing di pasar global, dengan tetap memiliki ciri khas keunikan dari daerah tersebut. Produk yang dihasilkan adalah produk yang memanfaatkan Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia lokal (Triharini, Larasati and Susanto, 2014)


Tujuan One Village One Product (OVOP) :

Suatu upaya membangun suistainability (kesinambungan) aktivitas melalui perluasan akses pasar yang dihasilkan masing-masing desa/daerah. Keberhasilan yang dicapai akan meningkatkan pendapatan para petani/pelaku usaha setempat. Pada akhirnya, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pelaku usaha.

Kriteria One Village One Product (OVOP) :

Penetapan kriteria komoditas atau produk unggulan OVOP

  1. Merupakan produk unggulan desa/daerah atau kompetensi inti dan telah dikembangkan secara turun-temurun.
  2. Merupakan komoditas/produk khas dan unik dari desa/daerah setempat/lokal.
  3. Memiliki tampilan dan kualitas produk yang baik.
  4. Memiliki peluang pasar yang luas secara domestik maupun internasional.
  5. Memiliki nilai tambah produk yang tinggi.
  6. Dapat menjadi penghela bagi ekonomi lokal atau setempat.

Berita Terbaru

5 STRATEGI KESUKSESAN DAN KEKAYAAN Administrator | 24-04-2019
KIAT MEMULAI USAHA Administrator | 24-04-2019